PASANG IKLAN

MATERI PELAJARAN : Sumber Daya Alam Strategis Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional Indaonesia

>




saat ini kita akan membahas tentang Sumber Daya Alam Strategis Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional Indaonesia..................

Hakikat Pembangunan Nasional 
Pengertian Pembangunan Nasional

Pembangunan nasional adalah upaya untuk meningkatkan seluruh aspek kehidupan masyarakat,bangsa,dan negara.Contoh pembangunan salah satunya adalah kegiatan industri.Kegiatan industri adalah kegiatan yang dilakukanuntuk mengolah barang jadi atau setengah jadi.
Sumber Daya Alam Sebagai Modal Dasar Pembangunan
A.Minyak bumi
Minyak bumi adalah hasil dari peruraian (dekomposisi) materi tumbuhan dan hewan di suatu daerah yang subsidence (turun) secara perlahan.Minyak bumi dapat digunakan sebagai BBM, Aftur, dan bahan bakar lainnya.Eksplorasi dan pengeboran sumber-sumber minyak di Indonesia dilakukan di daratan dan lautan.Tempat pertambangan minyak contohnya di:
Aceh (Perlak)
Sumatra Utara (Langkat)
Jawa Tengah (Cepu)
Jawa Barat (Cirebon)
Jawa Timur (Laut Jawa)
     Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Minyak_bumi
Gas alam
Gas alam sering juga disebut sebagai gas Bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yang terutama terdiri dari metana atau CH4. Ia dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas Bumi dan juga tambang batu bara.Gas alam cair disebut LPG (Liquid Petroleum Gas).Contoh pertambangan gas alam terdapat di:Bontang Kalimantan Timur


Batu bara
Batu bara adalah salah satu bahan bakar fosil. Pengertian umumnya adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur-unsur utamanya terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen.Pertambangan batu bara salah satunya terdapat di Bukit Asam,Sumatra Selatan.
Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Batu_bara
Keunggulan Sumber Daya Mineral Indonesia
Indonesia memiliki  sumber daya mineral dan tambang yang melimpah.Terdapat 30 macam mineral utama di Indonesia contohnya emas,perak,tembaga,nikel,timah putih,timah hitam,
Alumunium,besi,mangan,chromit,minyak bumi,gas bumi,batu bara,yodium,berbagai garam,berbagai mineral industri,batu mulia,intan,bahan bangunan.
Sumber Daya Alam Logam
Bijih besi
Biji besi adalah cebakan yang digunakan untuk membuat besi gubal.Besi gubal adalah bungkah besi atau besi kasar yang belum dikerjakan.Pertambangan biji besi terdapat di Sumatra Barat,Jambi,NTB,Kalimantan Selatan,Jawa Tengah,Jawa Barat,dan lain-lain.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Bijih_besi
Nikel
Nikel merupakan logam yang biasa digunakan sebaai bahan campuran pada pembuatan barang dengan bahan baku logam ,seperti kuningan,perunggu,dan besi.Daerah penghasil nikel di Indonesia adalah Soroako,Sulawesi Selatan,Pomala Sulawesi Tenggara,dan Irian Jaya.
Timah putih
Timah putih merupakan logam berwarna putih yang tahan karat.Fungsinya adalah untuk industri mesin,kaleng,dan bahan patri.Tambang timah putih terdapat di Pulau Belitung,Singkep,dan lain-lain
Tembaga
Tembaga merupakan logam yang dapat menghantarkan panas dan listrik dengan baik.Tembaga biasa digunakan untuk kabel.Tambang tembaga terbesar di Indonesia Terdapat di Tembagapura,Irian Jaya.
Emas dan Perak
Emas dan perak merupakan logam yang biasa digunakan untuk perhiasan dan logam yang digunakan untuk melapisi logam agar tidak berkarat.Tambang emas  dan perak di Indonesia terdapat di Cikotok,Kalimantan Barat,Kalimantan Selatan,Kalimantan Timur,Sulawesi  Selatan,Irian Jaya  bagian tengah.
Bauksit
Bauksit merupakan bijih logam aluminium,yaitu sejenis logam ringan dan tidak mudah berkarat.Bauksit banyak terdapat di Sumatra Selatan(Lubuk Linggau),Kalimantan Barat(Sanggau),dan Kepulauan Riau(Pualu Bintan).
Belerang
Belerang merupakan mineral vulkanis yang banyak dihasilkan di kawah-kawah gunung berapi.Belerang banyak digunakan untuk  pupuk,korek api,bahan peledak,dan obat-obatan.Tambang belerang terdapat di Gunung Ijen Jatim,Gunung Telaga Bodas Jabar, Gunung Welirang.
Kaolin

Kata kaolin berasal dari bahasa cina yang berarti gunung yang tinggi.Di gunung yang tinggi itulah terdapat tanah liat.Kaolin digunakan untuk bahan baku pembuatan keramik.Penambangan kaolin terdapat di Pulau Bangka dan Pulau Belitung.
Fosfat
Fosfat berasal dari dari persenyawaan antara pospor  di dalam kotoran dan sisa-sisa binatang yang hidup di gua-gua dan batu gamping di dasar gua.Fosfat berfungsi untuk bahan pembuat pupuk.Fosfat banayak terdapat di Bogor,Kebumen,Grobogan,Pati,Gresik,dan Sampang,Madura
Marmer
Batu marmer atau batu pualam merupakan hasi perubahan bentuk atau metamorfosis dari batu gamping.Marmer banyak digunakan untuk ornamen bangunan dan perabotan rumah tangga.Pertambangan marmer terdapat di daerah Tulungagung(Jawa Timur) dan Citatah(Jawa Barat).
Aspal
Aspal ialah bahan hidro karbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal sering juga disebut bitumen merupakan bahan pengikat pada campuran beraspal yang dimanfaatkan sebagai lapis permukaan lapis perkerasan lentur.Penghasil aspal terbesar di Indonesia adalah Pulau Buton(Sulawesi Tenggara)

4 Responses to "MATERI PELAJARAN : Sumber Daya Alam Strategis Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional Indaonesia"

  1. makasih ya....berguna banget artikelnya...

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ki agenk bondowoso,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti saran beliau syukur alhamdulillah sekarang saya bisa sukses seperti ini usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ki agenk bondowoso berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ki agenk bondowoso di nmr 082348727567 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam

    ReplyDelete

wdcfawqafwef